Konvergensi Media di Indonesia

 


Welcome, fellas!🌸

Di pembahasan pertama kita ini, kita bakal ngebahas tentang konvergensi media yang ada di Indonesia. tapi, ngomong-ngomong tentang konvergensi media, udah tau belum sih konvergensi media tuh apa?

Secara umum, konvergensi media didefinisikan sebagai penggabungan media massa dengan teknologi digital yang berkembang saat ini. Berbagai jenis media, seperti majalah, koran, radio, televisi digabungkan menjadi satu platform yang sama. Konvergensi media sendiri timbul seiring dengan berkembangnya teknologi, khususnya peralihan teknologi analog ke digital. Internet dengan berbagai macam platformnya telah menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat.

Jadi, bahasa gampangnya konvergensi media itu kumpulan media-media analog yang berkembang ke arah media digital karena berkembangnya zaman.

Di zaman sekarang ini, kayaknya kita jadi lebih mudah menonton acara TV lewat Youtube ataupun aplikasi yang tersedia di playstore ataupun appstore. biasanya, ada beberapa stasiun televisi yang sedang live tetapi mereka live juga nih di platform-platform lainnya selain televisi. misalnya, di akun youtube, di website televisi atapun di aplikasi yang tersedia.

banyak banget media besar di Indonesia yang mengalami konvergensi dalam ruang redaksi. menurut Redaktur Eksekutif majalah Tempo Wahyu Dhyatmika, masih diserap dengan keliru.


Media di Indonesia menerapkan konvergensi dengan cara menuntut para jurnalisnya untuk dapat bekerja dalam multiplatform yaitu cetak, online, televisi dan lain sebagainya. Satu konten didaur ulang dan dimasukkan dalam berbagai platform.

Menurut Wahyu, Konvergensi semacam itu justru negatif dan kontra produktif untuk khalayak. Justru penerapan konvergensi yang benar adalah bagaimana konvergensi itu diterapkan pada kerangka redaksi. Ada kolaborasi, ada proses yang optimal dari ujung ke ujung sampai akhirnya semua outlet dapat terlayani dengan baik.

Tetapi, konvergensi media untuk saat ini memang diperlukan. agar media-media lainnya dapat mengikuti perkembangan teknologi di era modern seperti ini.

Salah satu contoh konvergensi media yang terjadi di Indonesia adalah yang terjadi pada Harian Kompas. Fenomena konvergensi media membuat Kompas menelurkan surat kabar digital dengan nama Kompas.com, Detik.com bahkan telah mengubah format penerbitannya menjadi format digital.

Sekarang, kita bisa mengakses berita hanya menggunakan internet dan smartphone yang kita miliki! semakin mudah dan praktis kan? kita tetap bisa up to date mengenai berita-berita yang sedang hot diluar sana hanya dengan menggenggam smartphone dan memakai internet.

Dengan adanya fenomena konvergensi media di Indonesia ini kita seperti dipermudah dalam mengakses konten-konten yang biasanya hanya tersedia di televisi ataupun media analog lainnya, dan sekarangkita bisa mengaksesnya melalui platform lainnya.

seperti contoh lagi nih temen-temen, sekarang kan sinetron ikatan cinta itu lagit hits banget dikalangan ibu-ibu bahkan anak-anak muda juga banyak yang nonton!😜 nah, apabila penggemar sinetron ikatan cinta ini ketinggalan buat nonton live di tv, mereka bisa menonton lewat aplikasi yang disediakan oleh pihak stasiun televisi. bahkan bisa nonton ulangannya nih kalau kalian ketinggalan satu episode!😻

Itulah salah satu kemudahan yang bisa kita dapatkan dari konvergensi media yang terjadi di Indonesia. semoga dengan penjelasan singkat dan gak baku-baku banget ini, temen-temen bisa mengerti ya apa itu konvergensi media dan fenomena konvergensi media yang terjadi di Indonesia!🌞


Adios, fellas!🌸


Posted by : Syafira Dwiyanti

link source : https://www2.umn.ac.id/memaknai-konvergensi-media-di-indonesia/ 

Komentar

Postingan Populer