Konvergensi Media di Indonesia
Welcome, fellas!🌸
Di pembahasan pertama kita ini, kita bakal ngebahas tentang konvergensi media yang ada di Indonesia. tapi, ngomong-ngomong tentang konvergensi media, udah tau belum sih konvergensi media tuh apa?
Secara umum, konvergensi media didefinisikan sebagai
penggabungan media massa dengan teknologi digital yang berkembang saat ini.
Berbagai jenis media, seperti majalah, koran, radio, televisi digabungkan
menjadi satu platform yang sama. Konvergensi media sendiri timbul seiring dengan
berkembangnya teknologi, khususnya peralihan teknologi analog ke digital.
Internet dengan berbagai macam platformnya telah menjadi gaya hidup baru bagi
masyarakat.
Jadi, bahasa gampangnya konvergensi media itu kumpulan
media-media analog yang berkembang ke arah media digital karena berkembangnya
zaman.
Di zaman sekarang ini, kayaknya kita jadi lebih mudah
menonton acara TV lewat Youtube ataupun aplikasi yang tersedia di playstore ataupun appstore.
biasanya, ada beberapa stasiun televisi yang sedang live tetapi mereka live
juga nih di platform-platform lainnya selain televisi. misalnya, di akun
youtube, di website televisi atapun di aplikasi yang tersedia.
banyak banget media besar di Indonesia yang mengalami konvergensi dalam ruang redaksi. menurut Redaktur Eksekutif majalah Tempo Wahyu Dhyatmika, masih diserap dengan keliru.
Media di Indonesia menerapkan konvergensi dengan cara
menuntut para jurnalisnya untuk dapat bekerja dalam multiplatform yaitu cetak,
online, televisi dan lain sebagainya. Satu konten didaur ulang dan dimasukkan
dalam berbagai platform.
Menurut Wahyu, Konvergensi semacam itu justru negatif
dan kontra produktif untuk khalayak. Justru penerapan konvergensi yang benar
adalah bagaimana konvergensi itu diterapkan pada kerangka redaksi. Ada kolaborasi,
ada proses yang optimal dari ujung ke ujung sampai akhirnya semua outlet dapat
terlayani dengan baik.
Tetapi, konvergensi media untuk saat ini memang diperlukan.
agar media-media lainnya dapat mengikuti perkembangan teknologi di era modern
seperti ini.
Salah satu contoh konvergensi media yang terjadi di
Indonesia adalah yang terjadi pada Harian Kompas. Fenomena konvergensi
media membuat Kompas menelurkan surat kabar digital dengan nama Kompas.com,
Detik.com bahkan telah mengubah format penerbitannya menjadi format digital.
Sekarang, kita bisa mengakses berita hanya menggunakan
internet dan smartphone yang kita miliki! semakin mudah dan praktis kan? kita
tetap bisa up to date mengenai berita-berita yang sedang hot diluar
sana hanya dengan menggenggam smartphone dan memakai internet.
Dengan adanya fenomena konvergensi media di Indonesia ini
kita seperti dipermudah dalam mengakses konten-konten yang biasanya hanya
tersedia di televisi ataupun media analog lainnya, dan sekarangkita bisa
mengaksesnya melalui platform lainnya.
seperti contoh lagi nih temen-temen, sekarang kan sinetron ikatan cinta itu lagit hits banget dikalangan ibu-ibu bahkan anak-anak muda juga banyak yang nonton!😜 nah, apabila penggemar sinetron ikatan cinta ini ketinggalan buat nonton live di tv, mereka bisa menonton lewat aplikasi yang disediakan oleh pihak stasiun televisi. bahkan bisa nonton ulangannya nih kalau kalian ketinggalan satu episode!😻
Itulah salah satu kemudahan yang bisa kita dapatkan dari konvergensi media yang terjadi di Indonesia. semoga dengan penjelasan singkat dan gak baku-baku banget ini, temen-temen bisa mengerti ya apa itu konvergensi media dan fenomena konvergensi media yang terjadi di Indonesia!🌞
Adios, fellas!🌸
Posted by : Syafira Dwiyanti
link source : https://www2.umn.ac.id/memaknai-konvergensi-media-di-indonesia/
Komentar
Posting Komentar